Monday, September 9, 2013

Reset TCP/IP on your Computer

Salah satu komponen dari koneksi internet/jaringan di komputer anda adalah seperangkat instruksi yang telah disiapkan( tersedia) yang disebut dengan TCP/IP. TCP/IP kadang-kadang bisa rusak. Jika anda tidak dapat terhubung ke Internet atau komputer lain dalam suatu jaringan dan anda telah mencoba semua metode lain untuk menyelesaikan masalah tetapi masalah anda tidak selesai, TCP/IP mungkin menyebabkan hal itu.
Karena TCP/IP merupakan komponen inti dari Windows, Anda tidak dapat menghapusnya. Namun, Anda dapat mengatur ulang TCP/IP ke kondisi semula dengan menggunakan utilitas Netshell (netsh).
Artikel ini menjelaskan dua cara untuk me-reset TCP/IP. Anda harus login ke komputer sebagai administrator. Metode pertama menggunakan software khusus untuk me-reset TCP/IP. Metode ini dirancang untuk pengguna tingkat menengah.
Metode kedua menjelaskan cara menggunakan perintah untuk me-reset TCP/IP secara manual. Metode ini dirancang untuk pengguna tingkat lanjut.

Untuk metode pertama anda dapat mengunduh file-nya pada: http://download.microsoft.com/download/F/5/0/F5036E5B-A675-441F-AED9-57F9E1E9470F/MicrosoftFixit50199.msi

Sedangkan untuk metode kedua anda dapat melakukannya dengan langkah berikut (pada Windows XP):
  • Klik tombol Start
  • Klik All Programs 
  • Klik Accessories 
  • Klik Command Prompt 
  • Ketikkan: netsh int ip reset resetlog.txt 
  • Lalu restart komputer anda. 
Jika dalam jaringan anda menggunakan IP statis, set ulang IP Address pada komputer anda.

No comments:

Post a Comment